• Jasa IT Komputer & Pengobatan AL-Hijamah (Bekam) ODT Sosial - Member of International ODT Society (IODTS)
  • Buka : Jam 9 - 15 , Libur : Hari Jumat/Minggu/Besar
  • Alamat : Komp.Peruri Jl. Duta Kav.89 No 17, Sudimara Timur Ciledug Tangerang
  • (Dekat Gedung serba guna Komp.Peruri - Jl. H. Mencong - 50 Meter)
  • Contact hub: 35929408
  • Senin, 17 Juni 2013

    Apa itu Al-Hijamah?

    Segala puji bagi Allah Robbul'alamin. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada manusia paling mulia Rarulillah Muhamamad Sholallahu Alaihi wa Sallam, keluarga-Nya sahabat serta seluruh pengikut-Nya sampai akhir Zaman.

    Dalam menyajikan tentang Hijamah yang kami up graide dengan konsep ODT (Oxidant Drainage Therapy) tidak ada kata yang terucap kecuali kalimat Subhanallah, Allahu Akbar karena janji Allah dan Rasul-Nya adalah haqqun inna wa'dallahi haqqo. Tidak ada sedikitpun  janji yang diingkari termasukjanji-Nya dalam hijamah, Hijamah menyembuhkan semua Penyakit kecuali penyakit tua"

    Awalnya saya mengalami dilematika ketika melihat,membaca serta mentelaah hadist-hadist tentang Al Hijamah. Satu  sisi ini adalah perkataan Nabi Agung Muhammad Shalallahu Alaihi wa Sallam yang mutlak kebenarannya dan merupakan wahyu bukan hawa nafsu wamaa yantiqu anil hawa in huwa illaa wahyu yuuhaa. Sebagai seorang muslim wajib mengimani dan meyakini akan hal tersebut.Sisi  lain bagimana ilmiahnya karena semua hadist yang ada hanya bersifat tekstual tidak ada satupun hadist yang menerangkan teknis dari hijama ini, Hijamah, dari kata al-hajmu, yang berarti 'pekerjaan mengcupping'. Al-Hajmu berarti menghisap atau menyedot. Hisapan , Cupping menyebuhkan semua penyakit kecuali penyakit tua, disinilah muncul pertanyaan besar dalam hati saya,  Apa yang di hisap ? Bagimana menghisap ? Dimana yang dihisap ? Ketika itu saya mengalami sakit diabets akut sehingga memunyai keyakinan pasti akan sembuh dengan hijamah. Saya  banyak bertanya kepada para terapi hijamah,bagimana ilmiahnya diabets bisa disembuhkan dengan wasilah  hijamah ? Rata-rata mereka menjawab mentok pada tataran syare'at pokoknya ini sunnah lakukan saja,  karena tidak mampu lagi menerangkan secara Ilmiah hijamah bisa menyembuhkan diabets (kencing manis).

    Kemudian dalam pencarian jawaban akan dilematika tentang hijama, kami mendapatkan pencerahan dengan semua pertanyaan yang belum terjawab tersebut diatas, ketika membaca literatur tentang pengobatan Hirudo atau pengobatan dengan lintah, dalam literatur tersebut dikatakan hisapan lintah memberi efek kesembuhan karena yang dihisap adalah oxidant (radikal bebas) sementara kedokteran modern mengatakan bahwa trouble maker kesehatan manusia terletak pada bagaimana memanage oxidant. Dokter mengatakan untuk memanage oxidant ada dua cara pertama meminum anti oxidant (bisa herbal bisa sintetis) untuk menghambat proses oxidasi pembentukan oxidant.Kedua olah raga teratur, karena dengan olah raga teratur oxidant akan terekduksi dengan keluarnya keringat ketika olah raga. Melihat kalimat hisap dalam terapi lintah saya meyakini ini ada korelasinya dengan hadist nabi tentang hijamah atau hisapan. Akhirnya kami mengadopsi kerja lintah tersebut untuk mengaplikasikan hijamah, sehingga untuk memudahkan penyebutan terapi kami membuat istilah ODT (oxidant drainage therapy) bahkan istilah ini sudah mendapatkan Hak Paten dari KEMENKUMHAN Dirgen HAKI. Apa bedanya dengan Bekam ? ketika bicara bekam adalah bicara proses Hisapan, Cupping tanpa mentelaah subtansi apa yang dihisap sehingga siapapun bisa melakukannya, sementara ketika bicara ODT (oxidant drainage therapy) adalah bicara subtansi apa yang dihisap, sehingga tidak sembarang orang bisa melakukan dan dengan SOP (standard operational prosedure) yang ketat. Dan harus melalui proses pendidkan yang cukup dengan sertificasi yang ketat tentunya.   Dengan demikian, proses terapinya bisa dipertanggungjawabkan, baik dari sisi syari'at maupun medis.
     
    Diambil dari http://www.bm-odtcenter.com oleh Ust.Azib Susiyanto Sy-Grand Master ODT